Senin, 20 Juni 2011

Kanvas Kopling

Wah ini ada berita baru lagi, Senin pagi - pagi dah dapet kabar.. (ingat tulisan sebelumnya mengenai balada Mobil Baru). hari ini dalam sejarah baru aku dengar , Mobil baru, baru 4 hari pakai sudah Full Cluth Overhoul. jadi kebayang gimana make nya itu orang yak. Masak mobil baru seminggu dateng 4 kali dipakai latihan nyetir (ma yang punya seh) dipakai dah bunyi dengung plus susah masuk gigi. akhirnya mobil di derek ke  bengkel.  "wah bakalan kagak awet neh mobil.gimana kalau dipakai sebulan ?" dipakai hari ke 3 bumper Penyok...dipakai hari ke 5 kopling jebol plus rumah - rumahnya. Gimana kalau rusaknya sampai Transmisi coba ...bisa puluhan juta kan. Makanya kalau latihan nyetir disarankan masuk ke sekolah mengemudi saja... kalau sudah trampil baru mobil sendiri dipakai. klu kejadianya begini..ongkos yag dikeluarkan kan bertambah... mobil makin rusak biaya tambah gedhe memakainya belum seberapa dan belummenghasilkan apa apa.....
Kira-kira inilah penyebanya kopling habis:
  1. Meletakkan kaki pada pedal kopling selama kendaraan berjalan. Hal ini dapat mempercepat keausan pada release bearing dan pelat/piringan kopling.
  2. Menahan setengah kopling saat mobil antri di tanjakan. Hal ini dapat mempercepat kerusakan sistem kopling. Mesin pun sering terasa bergetar sehingga membuat fungsi karet penahan mesin (engine mounting) juga dapat terganggu. Sebaiknya gunakan rem tangan untuk menahan kendaraan ketika sedang antri di tanjakan.
  3. Menginjak dan melepas kopling secara kasar. Bila dilakukan dengan cara yang kasar maka sentuhan pelat/piringan kopling terhadap roda gila (flywheel) akan terasa lebih keras, hal ini akan mempercepat keausan sistem kopling. 
  4. Jika pada saat menggunakan kopling, tercium bau terbakar, disarankan segera menghentikan kendaraan dan parkir terlebih dahulu. Karena, indikasi tersebut menunjukkan bahwa terjadi panas tinggi pada kopling. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem kopling
Masalah umum yang terjadi pada kopling
  1. Kopling selip
    Akibat dari kopling selip, kendaraan tidak dapat berjalan, kurang tenaga, dan dapat menyebabkan boros bahan bakar. Hal ini disebabkan tenaga mesin tidak tersalurkan ke sistem penggerak (transmisi) karena pelat/piringan kopling sudah aus.
  2. Kopling jeblos
    Akibat dari kopling jeblos, tuas transmisi tidak dapat/susah dipindahkan, hal ini disebabkan tidak dapat terpisahnya pelat/piringan kopling dengan mesin. Karena tenaga yang disalurkan dari pedal tidak mampu diteruskan ke sistem kopling. Kabel kopling yang putus, silinder kopling bocor dan matahari yang rusak merupakan beberapa hal yang membuat tenaga dari pedal tidak dapat diteruskan ke sistem kopling.
  3. Kopling lengket
    Akibat dari kopling lengket, tuas transmisi tidak dapat/susah dipindahkan karena tidak terpisahnya pelat kopling dan mesin akibat pelat/piringan kopling lengket. Penyebab kopling lengket karena air atau lumpur yang masuk ke area sistem kopling.
Unit Kopling ini harganya lumayan jika dibeli 1 set terdiri dari Pressure Plate + diapragm spring , Disc Cluth, Release bearing
Plus Onkos Pasang (Overhoul sekitar 1,3 Jt an)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar